About

Selasa, 07 Agustus 2012

Tips Mencari Cleaning Service yang Berkualitas

Suasana kerja yang bersih, rapih, dan nyaman dipercaya dapat meningkatkan kinerja karyawan.  Tentu saja ini yang diharapkan oleh para pengelola perusahaan. Namun demikian memilih dan menentukan penyedia jasa cleaning service yang profesional di Jakarta bisa jadi merupakan pekerjaan yang tidak gampang. Hal ini disebabkan terdapat puluhan bahkan ratusan baik perorangan maupun badan usaha yang mengaku sebagai penyedia jasa cleaning service profesional.  Berikut ini beberapa tips yang dapat digunakan untuk memilih penyedia jasa cleaning service di Jakarta agar tidak salah pilih:

1.     Berbadan hukum
Penyedia jasa yang berbadan hukum, terutama PT, memiliki aturan main yang jelas. Hal ini diatur dalam UU No 40 tahun 2007  tentang Perseroan Terbatas. Biasanya perusahaan yang berbentuk PT pengelolaannya lebih profesional.

2.     Mempunyai NPWP
Pastikan bahwa perusahaan cleaning service yang akan dipakai mempunyai NPWP. Jasa cleaning service merupakan obyek pajak pertambahan nilai. Penyedia jasa cleaning service wajib memungut PPN dan menyetorkannya sesuai dengan ketentuan perpajakan. Pengguna jasa cleaning service justru jangan menolak jika perusahaan penyedia jasa cleaning service memungut PPN karena justru hal ini sesuai dengan ketentuan. Selain itu sebagai badan hukum, penyedia jasa cleaning service juga menjadi subyek pajak penghasilan. 

3.     Mempunyai ijin resmi sebagai penyedia jasa pekerja
Sebagai penyedia jasa cleaning service, perusahaan cleaning service melakukan perekrutan tenaga kerja untuk dididik sebagai pelaksana jasa cleaning service. Untuk itu pastikan bahwa perusahaan cleaning service yang dipakai telah mengantongi ijin resmi dari Departemen Tenaga Kerja dan Transmigrasi. Hal ini menghindari timbulnya permasalahan sehubungan dengan pengerahan tenaga kerja.

4.     Anggota Asosiasi Profesi
Organisasi profesi cleaning service adalah APKLINDO (Asosiasi Pengusaha Klining Servis Indonesia). APKLINDO mempunyai program dan kegiatan yang bertujuan untuk standarisasi dan peningkatan mutu jasa layanan cleaning service para anggotanya. Program-program tersebut antara lain: sertifikasi perusahaan cleaning service sebagai bukti bahwa perusahaan yang bersangkutan telah memenuhi standar pendirian perusahaan cleaning service berserta perangkatnya; audit berjangka kepada setiap anggota; peningkatan pengetahuan dan kemampuan anggota; serta kegiatan lain yang membangun semangat kebersihan dan kemandirian berwiraswasta. Dengan demikian keikutsertaan sebagai anggota organisasi profesi memberikan keyakinan yang memadai bahwa perusahaan cleaning service yang bersangkutan mempunyai layanan terstandarisasi yang terpelihara secara terus menerus.

5.     Jaminan kesehatan Karyawan
Karyawan akan dapat bekerja dengan tenang jika kebutuhan-kebutuhan dasar minimalnya telah terpenuhi seperti antara lain kebutuhan jaminan kesehatan. Untuk itu pastikan bahwa penyedia jasa cleaning service telah memperhatikan hal ini yaitu mengikutsertakan karyawannya dalam program-program jaminan kesehatan yang tersedia seperti Jamsostek.

Dengan demikian pemilihan penyedia jasa cleaning service yang akan dipakai jangan hanya semata-mata mempertimbangkan harga yang murah tetapi pertimbangkan juga hal-hal tersebut diatas atau yang lebih tepat adalah nilai kontrak yang “reasonable” atau pantas untuk suatu kualitas jasa yang baik.

0 komentar:

Posting Komentar