About

Kamis, 20 September 2012

Es Kutub Utara Habis Total 2015



Efek pemanasan global membuat es di lautan Kutub Utara terus mencair. Kabar mengejutkan datang dari seorang Profesor Universitas Cambridge, Inggris, Peter Wadhams, yang menyatakan bahwa es di Laut Arktik itu akan habis total dalam tiga atau empat tahun ke depan, atau sekitar tahun 2015-2016 mendatang.

"Saya perkirakan, ini akan terjadi antara 2015 hingga 2016 di saat sedang musim panas di wilayah Arktik," kata Wadhams, seperti dilansir Guardian, Rabu (19/9).

Ahli prakiraan cuaca tersebut mengatakan bahwa bencana besar bakal menghantam, karena es laut Kutub Utara telah menyusut ke rekor volume terendah, sehingga makin lama es akan segera habis. Menurutnya, kita perlu mencegah terjadinya peristiwa tersebut dari sekarang untuk mengurangi panasnya temperatur global.

Dalam sebuah E-mail ke Media Guardian, Wadhams menyatakan bahwa perubahan iklim saat ini sudah sangat serius, karena dampaknya akan segera terjadi secepatnya.

"Dampak dari perubahan iklim ini akan terjadi sangat cepat, tidak dalam beberapa dekade. Untuk itu, kita tidak hanya berusaha mengurangi emisi CO2, tetapi juga mencari dan meneliti cara lain yang dapat menghambat pemanasan global," ungkapnya.

source

0 komentar:

Posting Komentar